Hampir setengah guru swasta di Jawa Tengah belum sarjana

persatuan guru seluruh indonesia (pgsi) jawa tengah menyebutkan sampai ketika ini baru banyak 48 persen guru swasta selama wilayah tersebut yang belum sarjana (s1).

saat ini, kurang lebih ada 421 ribu guru selama jateng, 177 ribu di antaranya guru swasta, papar ketua pgsi jateng m. zen adv ketika refleksi hari studi nasional serta hut ke-7 pgsi di semarang, minggu.

dari sekitar 177 ribu guru swasta itu, berdasarkan zen yang juga anggota komisi e dprd jateng tersebut, 40 persennya guru studi dasar (sd).

masih ada ditemui guru swasta di daerah-daerah dan gajinya masih rp200-300 ribu/bulan. sebab tersebut, kami berupaya selalu memperjuangkan untuk guru-guru swasta diperhatikan oleh pemerintah, ujarnya.

Informasi Lainnya:

menurut dia, guru-guru swasta mesti diberikan usaha yang sama melalui guru negeri, diantara lain pada kesempatan memenuhi latihan, diklat, juga studi supaya meningkatkan kompetensi mereka.

yayasan dan satuan studi swasta harus pula memotivasi guru-gurunya dengan menyekolahkannya ke jenjang lebih tinggi. undang-undang guru dan dosen mengamanatkan guru harus berkuaifikasi s1, kata zen.