Alumni IPB minta KY pantau peradilan Ricksy

alumni institut pertanian bogor (ipb) meminta komisi yudisial (ky) memantau penegakkan hukum selama jumlah ricksy prematuri, tersangka dugaan bioremediasi fiktif pada lahan chevron, supaya berjalan melalui adil serta transparan.

kami percaya ky dapat dicari mengawal proses penegakan hukum tersebut dan menimpa saudara ricksy prematuri, ujar juru bicara alumni institut pertanian bogor (ipb) ahmad mukhlis yusuf pada wartawan dalam jakarta, rabu.

menurut dia, berbagai komponen warga memberikan dukungan terhadap ricksy prematuri dan tengah menghadapi situasi peradilan. keuntungan itu terlihat daripada kasus penandatangan petisi peduli keadilan terhadap ricksy prematuri, tercatat hingga hari selasa tanggal 1 mei 2013 sebanyak 433 orang daripada berbagai komponen penduduk indonesia, disamping para alumni ipb.

ia menyampaikan proses peradilan ricksy prematuri meninggalkan pertanyaan sebab jaksa mempunyai masa 3,5 bulan supaya menghadirkan 26 saksi ahli, sementara terdakwa hanya diberikan masa 1 minggu, padahal persentasi yang adalah perkara usah melibatkan saksi ahli dan kompeten.

Informasi Lainnya:

upaya alumni ipb ini sebab alasan kemanusiaan juga hati nurani semata sebab keadilan milik semua penduduk negara republik indonesia, tidak terkecuali ricksy prematuri. kami percaya selama komisi yudisial untuk salah Satu benteng keadilan, ujar dia.

ia menjelaskan dalam sidang penuntutan selama 26 april 2013, ricksy prematuri dituntut ancaman hukuman penjara sebanyak 12 tahun, serta herlan bin ompu sebanyak 15 tahun.

kami tidak bermaksud memasuki subtansi perkara sebab itu kompetensi kaum penegak hukum serta penasihat hukum. namun, kami akan menyampaikan harapan sebagian penduduk terhadap proses peradilan yang lebih adil dan transparan, ujar dia.

selain itu, ia memohon supaya ketua majelis hakim tipikor, dr. sudharmawatiningsih, mh bisa memimpin persidangan juga memberhentikan melalui lebih adil pas melalui suara nurani hakim untuk wakil tuhan pada wajah bumi.

sebelumnya, perkara ini mulai bergulir awal maret lalu, ketika jampidsus mulai mengerjakan penyidikan. cuma berselang beberapa hari saja pada 12 maret lalu, direktur penyidikan telah menganggarkan sprindik dengan tersangka ricksy prematuri dan general manager sumatera light north operation, alexia tirtawidjaja.

perkara ini kemudian menyeret tiga karyawan cpi lainnya-- kukuh kertasafari, widodo dan endah rumbiyanti-- dan asli kontraktor lain, herlan bin ompo, direktur pt sumigita jaya. hal itu sudah adalah fakta dan sudah dipublikasikan pada persidangan.

selanjutnya, ricky prematuri langsung ditahan, ketika sebagian tersangka lain bebas dalam sidang pra peradilan.

selama fakta persidangan serta terungkap, deputi iv kementrian lingkungan hidup, masnellyarti hilman menyampaikan substansi pekerjaan bioremediasi itu telah berjalan pas melalui pp no 18 tahun 1999 serta kepmen lh nomor 128 tahun 2003.

pt. cpi adalah perusahaan eksplorasi minyak bumi yang terikat production sharing contract (psc) melalui bp migas (kini berubah menjadi skk migas). salah Salah satu kewajiban cpi sebagai perusahaan psc merupakan memulihkan lahan-lahan dan tercemar akibat operasi serta eksplorasi migas.

cpi pun mengadakan tender untuk website pemulihan lahan melalui metode bioremediasi pada sejumlah tujuan yang menjadi wilayah kerja operasinya. sepanjang tahun 2006-2012 ada puluhan tender yang diselenggarakan cpi. pt gpi salah Satu pemenangnya dengan seleksi yang ketat juga transparan. untuk direktur gpi dan bertanggungjawab pada menangani proyek-proyek bioremediasi, ricksy lah dan menandatangani kontrak kerja melalui cpi.