Jepang dan China tegang

perdana menteri jepang shinzo abe bersumpah ingin mengusir dengan mengunakan kekuatan, semua pendaratan china dalam kepulauan dan kedua negara tengah persengketakan sesudah delapan kapal pemerintah china berlayar menuju perairan yang diperselisihkan tersebut.

bentrok terakhir meledak ketika 168 anggota legislatif jepang mengunjungi kuil yasukuni dalam tokyo yang dianggap simbol imperliasme waktu lalu jepang dan memesan marah china dan korea selatan.

tokyo memanggil duta sulit china supaya jepang selasa ini setelah delapan kapak milik bumn china berlayar ke perairan teritorial jepang.

pelayaran ini adalah dan terbesar menuju perairan dan disengketakan dari tokyo menasionalisasi sebagian kepulauan itu september lalu.

Informasi Lainnya:

abe bersumpah mau mencari kekuatan untuk mengusir semua upaya pendaratan china selama kepulauan pada laut china timur tersebut.

kami hendak mengambil cara menentukan melawan semua upaya masuk ke teritorial air juga daratan kepalauan itu, papar shinzo abe menjawab pertanyaan parlemen.

kami tidak akan sudah mengizinkan pendaratan. ingin alamiah bagi kami untuk mengusir dengan kekerasan jika (china) bekerja mengerjakan pendaratan, tegasnya.

kapal-kapal china berulangkali berlayar mengitari lima pulau yang dikontrol tokyo selama pilihan bulan belakangan makanya memicu sengketa diplomatik.

kapal-kapal pengintai maritim china memasuki zona 12 mil luar pulau-pulau dan disebut china diaoyu serta dengan jepang senkaku tersebut, kurang lebih jam 8 pagi waktu setempat ataupun 6 pagi wib.

sungguh tercela dan tak dapat diterima kapal-kapal pemerintah china berulang kali memasuki perairan teritorital jepang, kata kepala kabinet jepang yoshihide suga semisal dikutip afp.

sekelompok nasionlis jepang telah mengirimkan sembilan kapal ke area kurang lebih kepulauan dan dan diklaim taiwan tersebut.

kepulauan ini kaya ikan serta diyakini merasa sumber daya alam melimpah pada dasarnya.