Mantan pejabat AS desak pembicaraan langsung dengan Iran

mantan pejabat amerika serikat di rabu meminta gedung putih memulai pembahasan segera dengan iran atas aktifitas nuklirnya, tidak cuma mengandalkan hukuman untuk membujuk teheran mengubah arah.

tiga puluh lima mantan diplomat, perwira tentara juga pejabat kawakan lain daripada kedua partai politik mengeluarkan catatan mendesak presiden barack obama membarui upaya diplomatik untuk meredakan ketegangan serta mengambil hal dari hukuman ekonomi, yang menghantam keras iran.

amerika serikat kini harus mengarahkan sebanyak bisa saja daya dan kemampuan untuk berunding segera dengan iran supaya mengumpulkan persekutuan luas antarbangsa untuk menekan juga mengucilkan iran, papar laporan kelompok bebas proyek iran.

hanya melalui mengikuti pendekatan keseimbangan ulang, amerika serikat mungkin mencapai tujuannya sehubungan melalui kegiatan nuklir iran, ujarnya.

Informasi Lainnya:

penandatangan laporan tersebut tergolong mantan senator republik richard lugar, michael hayden, direktur cia dalam bawah presiden george w bush; ryan crocker, mantan duta besar as supaya irak juga afghanistan, juga mantan penasehat keamanan negara zbigniew brzezinski.

pembicaraan segera dengan iran tidak hendak menggantikan upaya negara besar saat ini pada menangani teheran, tapi akan melengkapi diplomasi lima anggota tetap dewan keamanan pbb ditambah jerman, yang diketahui dibuat p5+1, papar catatan itu.

putaran terakhir pembahasan p5+1 melalui iran di alma ata pada 5-6 april gagal menghasilkan kemajuan besar.

sanksi ketat berhasil menekan iran serta mungkin memperlambat kemajuan aktifitas nuklirnya, gagal menghentikan pengayaan uranium teheran, kata laporan itu.

tapi, tekanan pimpinan amerika serikat tersebut memperkeras perlawanan iran, memperbaiki penekanan juga menabur benih pengucilan jangka lama adidaya tersebut dengan iran akibat kesulitan dari hukuman itu, tutur catatan itu.

setelah 30 tahun hukuman dan mencoba mengucilkan iran, tampaknya diragukan kiranya cuma tekanan ingin mengubah keputusan pemimpin iran, katanya.

perundingan langsung mampu mempunyai beberapa santunan dari hukuman sebagai pihak daripada kesepakatan, dibuat imbalan supaya tekad berubahnya iran agar keterbukaan lebih besar dan persetujuan atas batas aktifitas nuklir iran, tutur kaum penulis itu.

mengingat pemimpin iran sangat yakin washington akan menggulingkan pemerintah, kemajuan diplomatik menuntut pemerintah amerika serikat mengikuti langkah gencar -di luar retorika- untuk memastikan teheran tak banyak upaya-upaya untuk menggulingkan pemerintah, tutur catatan tersebut.

penulis tersebut diduga mengacu aktifitas mata-mata agar melemahkan pemerintah teheran.

sebagai bagian dari diplomasi kesepakatan nuklir, washington dan teheran dan bisa menjajaki kemungkinan kerjasama atas afghanistan dan irak, memerangi perdagangan narkotika juga memenage langkah menghindari kejadian meningkat merupakan kemelut bersenjata, ujarnya, itulah afp.