PLN Kaltim: tak ada pemadaman mulai 9 April

pt pln wilayah kalimantan timur mengatakan mulai 9 april 2013 tidak hendak banyak lagi pemadaman listrik bergilir pada balikpapan, samarinda, juga tenggarong.

general manager pln wilayah kalimantan timur, i nyoman astawa, kamis (4/4), menungkapkan, komitmen agar terpenuhinya kembali daya listrik kebutuhan ketiga kota itu menurut perhitungan pln kiranya pada april ini pltg hutan alam dengan produksi daya 10 mw sudah hendak masuk ke sistem mahakam, sistem jaringan distribusi listrik yang mengaliri ketiga kota.

menurut dia, ketiga pembangkit yang rusak dan mau beres diperbaiki serta dicari bisa tinggal memasok daya agar sistem.

di samping itu pltg senipah di samboja sudah beroperasi pada juni dengan daya 2 x 41 mw. di tanjung batu serta akan beroperasi pembangkit dengan daya 2 x 50 mw pada september nanti, katanya.

tiga pembangkit yang mengalami kerusakan merupakan pltg cogindo, pltgu tanjung batu, serta pltd karang asam, semuanya di kutai kartanegara dan samarinda.

Lainnya: Tour Pulau Tidung - Tour Pulau Tidung - Tour Pulau Tidung - Objek Wisata ulau Tidung

kerusakan pada ketiga pembangkit mencari sistem mahakam, sistem distribusi listrik yang menyertakan ketiga kota, kekurangan daya sampai 30 megawatt (mw).

akibatnya, katanya, dari beban puncak 315 mw yang terjadi diantara pukul 18.00-22.00, hanya terlayani 272 mw.

terpaksa kami melakukan pemadaman bergiliran sebab dayanya memang kurang supaya tetapi ini, jelas astawa.

kerusakan dan terjadi pada pltg cogindo, katanya, merupakan kerusakan pada trafo dan dimulai selama 28 januari 2013.

kerusakan selama pltgu tanjung batu telah terjadi sejak 15 februari lampau selama mana sistem turbinnya rusak terbakar, dan sejumlah kerusakan dulu di pembangkit pltd karang asam.

dengan demikian, katanya, pln wilayah kaltim berharap memiliki cadangan sekurangnya 27 mw di september tersebut.

cadangan itu dibutuhkan agar melayani peningkatan konsumsi listrik yang mencapai 8,08 persen, semisal ditunjukkan tren di tiga bulan pertama 2013, katanya.

selain itu, astawa menyewa penduduk berhemat pada mencari listrik, sekurangnya 5 persen daripada penggunaannya ketika ini supaya memangkas beban puncak yang mencapai 315 mw itu.

astawa dan mengatakan, selama desember 2012 lampau, beban puncak berada dalam jumlah 309 mw, dalam februari naik adalah 318 mw.

namun selama maret beba puncak ada pada 308 mw, sebab warga berpartisipasi dengan mengurangi konsumsi energi.

jadi menghemat 5 persen saja telah menarik alternatif, demikian astawa.