Jordan benarkan 35.000 pengungsi kembali ke Suriah

sekitar 35.000 orang pengungsi suriah kembali daripada kamp al-za`tari di amman ke tanah air mereka sejak awal krisis agar mencegah kondisi buruk mereka menderita pada kamp.

juru bicara urusan pengungsi suriah selama jordania, anmar al-hamoud, menegaskan pada afp kiranya persentasi pengungsi suriah yang terserah ke negara mereka secara sukarela dari awal krisis mencapai 34,824 pihak.

ia menambahkan bahwa pemerintah jordania memastikan kamis mengenai kembalinya 2500 pengungsi daripada kamp al-za`tari ke suriah atas permintaan mereka sendiri.

puluhan pengungsi suriah terserah ke suriah dalam pilihan bulan terakhir, karena kondisi kehidupan dan besar di kamp juga kurangnya pelayanan kemanusiaan serta medis, penculikan aksi, perampokan dan kebakaran.

Informasi Lainnya:

kantor berita afp sebelumnya, hampir 35.000 pengungsi suriah telah pulang daripada jordania dari konflik dalam negara mereka pecah pada maret 2011, ternyata kasus yang lebih besar malahan masuk selama eksodus bulan 2012 saja, kata seorang juru bicara pemerintah, jumat.

sebanyak 34.824 pengungsi suriah telah kembali ke negara mereka dari awal krisis, tutur juru bicara pendataan pengungsi, anmar al-hammud.

dia menyatakan kurang lebih 2.500 daripada mereka telah tinggal atas permintaan sendiri dari kamp pengungsi zaatari selama jordania utara selama kamis dengan bantuan jasa keamanan jordania.

jordania mengatakan pihaknya menampung lebih daripada 475 ribu pengungsi daripada suriah, termasuk lebih dari 146 ribu pengungsi di zaatari, sebuah kamp perbatasan yang penghuninya telah melakukan pilihan aksi protes atas kondisi kehidupan dan besar.

lebih dari 41 ribu pengungsi suriah memasuki jordania selama bulan maret saja, kata hammud. ia menambahkan kiranya kerajaan itu khawatir angka pengungsi mau melonjak merupakan 700 ribu pada akhir tahun ini.

sebanyak 1,2 juta warga suriah telah melarikan diri ke negara-negara tetangga dalam dua tahun terakhir, kata komisariat tinggi pbb untuk pengungsi, demikian oana.