Potensi zakat Indonesia baru terserap satu persen

badan amil zakat nasional (baznas) menyebutkan dari rp217 triliun potensi zakat selama indonesia masih diserap dan dikelola dengan lembaga amil zakat sebesar rp2,73 triliun atau kurang lebih sekitar Salah satu persen.

potensi zakat kita sangat besar, cuma saja belum sepenuhnya terserap, dari data riset ipb di 2011 potensi zakat kita rp217 triliun, masih terserap serta terkelola rp2,73 triliun ataupun Salah satu persennya saja, papar ketua baznas prof didin hafidhuddin, di acara workshop internasional zakat, infak serta perekonomian islam, dalam bogor, senin.

menurut didin, baru kecilnya penyerapan dan pengelolaan zakat karena semua penentu, pada antaranya belum tumbuhnya kesadaran akan penting juga manfaat zakat, juga kurangnya kepercayaan masyarakat pada lembaga zakat.

oleh karena itu, lanjut didin, berbagai upaya dilaksanakan baznas selama menyerap potensi zakat dan mengelolaannya.

Informasi Lainnya:

ada empat langkah dan dilaksanakan dengan baznas pada meningkatkan penerimaan zakat yaitu mengerjakan sosialisasi dan edukasi tentang zakat dan pengelolaanya juga penguatan lembaga zakat supaya menjadi lembaga dan bersih sehingga dapat terpercaya dengan umat.

langkah berikutnya pemberdayaan juga kerjasama. pengelolaan zakat tidak dapat sendiri, mesti bersama-sama, kita memerlukan semua zat lapisan penduduk, katanya.

menurut didin, penerimaan zakat pada indonesia semua tahun mengalami peningkatan. ini terlihat di tahun 2011 angka penerimaan sebesar rp1,7 triliun. mutu ini meningkat di tahun lalu merupakan rp 2,73 triliun.

berdasarkan data dari kementerian perekonomian sumber zakat berasal daripada properti tangga sebesar rp20 triliun serta industri sebesar rp100 triliun.