Kemkumham beri insentif pengurusan HKI

direktorat jenderal hak kekayaan intelektual kementerian hukum dan hak asasi manusia (ham) menyerahkan insentif pada warga yang akan mengurus pengakuan hak atas kekayaan intelektualnya.

pemberian insentif tersebut terlebih kepada siswa, mahasiswa, akademisi, pelaku usaha mikro, kecil, menengah, serta pengusaha dalam daerah istimewa yogyakarta (diy), tutur direktur jam ditjen hak kekayaan intelektual (hki) kementerian hukum serta ham faturachman di yogyakarta, jumat.

pada peringatan hari hak kekayaan intelektual se-dunia tingkat diy, ia mengatakan insentif yang diberikan berupa permohonan merek, hak cipta, dan paten. di 2013, pihaknya sudah mengalokasikan dana sebesar rp600 juta.

hal tersebut dilaksanakan karena diy amat kaya potensi baik di jenis pertanian, perkebunan, umkm maupun kreativitas lainnya yang sudah dikenal dengan dunia, ujarnya.

Informasi Lainnya:

wakil gubernur diy paku alam ix menungkapkan, peringatan hari hki bermanfaat karena bisa merupakan wahana membangun kesadaran perihal arti bermanfaat hki terhadap penduduk diy.

hak itu penting supaya menyerahkan perlindungan pada pengusaha juga pilihan bermerek. pada ini banyak koleksi dipalsukan, bahkan dipatenkan bagian lain sebab tak tahu mekanisme dan agama yang telah diberlakukan, katanya.

menurut dia, lahirnya peraturan yang berkenaan melalui hki berdampak selama sikap penghargaan, penghormatan, dan perlindungan yang tidak hanya menyerahkan rasa tidak berbahaya, akan tetapi dan mewujudkan iklim yang kondusif.

hal itu, kata dia, berguna terhadap peningkatan semangat atau gairah supaya menghasilkan karya-karya inovatif dan produktif terutama terhadap kaum pelaku umkm yang ada terkandung dalam diy.

dengan perlindungan kepada hki itu pelaku umkm dan mempunyai karya intelektual mampu memperoleh kepastian hukum sehingga pemegang hak ingin mencari perlindungan hukum dan mengerjakan upaya hukum dengan lebih kuat, katanya.

kepala kanwil kemkum juga ham diy rusdianto menyampaikan, diy merupakan salah Salah satu daerah dalam indonesia yang masyarakatnya potensial juga memiliki kreativitas juga inovasi tinggi.

mereka dapat mewujudkan karya juga karsa yang menasional bahkan menginternasional seperti kreativitas pada memproduksi kata-kata dan melekat pada desain kaus, kerajinan, kuliner, film animasi, dan perangkat lunak, ujarnya.