Kepala BPN serahkan 17.680 sertifikat di Makassar

kepala badan pertanahan nasional (bpn) ri, hendarman supandji memberikan sertifikat tahap pertama tahun 2013 sebanyak 17.680 sertipikat tanah pada masyarakat, polda sulsel, kodam wirabuana, dinas perhubungan serta instansi pemerintah lainnya dalam makassar, senin.

dalam keterangan tertulis humas bpn, menyebutkan penyerahan sertifikat tersebut dilaksanakan dengan simbolik oleh kepala bpn kepada 46 penerima selama halaman rumah jabatan gubernur sulawesi selatan, senin.

sebanyak 17 ribu lebih sertifikat ini adalah hasil kerja kanwil bpn sulawesi selatan sejak januari 2013 hingga sekarang. ini adalah hasil kerja luar biasa daripada segenap jajaran bpn sulsel. total target tahun ini 38 ribu sertifikat tanah pada sulawesi selatan, kata hendarman.

dia mengajarkan untuk berbagai wilayah indonesia terdapat sekitar 85 juta jenis tanah yang mesti disertifatkan. sampai ketika masih 45 juta jenis yang telah diberikan sertipikat.

Informasi Lainnya:

oleh karena tersebut, jajaran bpn ri agar berusaha lebih bersegeralah supaya menyerahkan pelayanan sertifikat tanah dan lebih bagus kepada warga.

hendarman menekankan agar berbagai jajaran selama bekerja taat kepadan agama dan taat pada azas untuk masyarakat memperoleh pelayanan paling pas.

pada kesempatan itu, hendarman tinggal mengingatkan dua tugas yang diberikan presiden susilo bambang yudhoyono kepadanya dalam memimpin bpn. presiden memberi saya dua tugas yaitu memangkas sengketa dan mesti disadari pada orang kecil, ujarnya.

untuk tersebut, bpn ingin terus menggalakkan program-program pro-rakyat yang selama ini sudah berjalan. program-program tersebut keduanya sertipikat prona gratis, web jemput bola layanan sertifikat tanah supaya rakyat (larasita) juga web one day service.

mantan jaksa agung ri itu serta menekankan terserah prinsip dasar kiranya tanah merupakan sumber kesejahteraan juga kemakmuran kepada rakyat, sehingga tanah harus dihindarkan dari spekulasi.

sejalan dengan penggalakan website pro-rakyat tersebut, bpn dan mau mempertimbangkan hak untuk upaya-upaya (hgu) kepada perusahaan ataupun holding perusahaan yang telah mempunyai hgu cukup luas. saya dan ingin membayar agar pemegang hgu membangun konsep plasma juga inti supaya penting bagi warga, tegasnya.

kepala kanwil bpn sulawesi selatan, elfachri budiman menyampaikan 17.680 sertipikat yang dibagikan tersebut keduanya terdiri daripada prona 11.282 bidang, redistribusi tanah agar rakyat miskin 2942 bidang, usaha kecil menengah (ukm) 465 jenis, nelayan 469 bidang, warga berpenghasilan rendah (mbr) 75 jenis, instansi pemerintah 474 jenis, larasita 1.097 jenis, wakaf 73 jenis juga sisanya 803 supaya pertanian.

elfachri serta mengakui sengketa tanah cukup ada dalam wilayah kerjanya. kami telah menyelesaikan 220 sengketa lewat mediasi serta gelar perkara, katanya.

sementara itu, gubernur sulsel syahrul yasin limpo menyatakan pihaknya siap bekerja sama melalui bpn agar melancarkan proses sertipikasi tanah kepada warga. jenis kerja sama tersebut salah satunya melalui penandatangan mou antara gubernur sulsel melalui kakanwil bpn sulsel dan disaksikan kepala bpn ri.